Minggu, 06 Januari 2013

LENSA WISATA VULKANO MERAPI



Jasa ojek atau sewa sepeda motor tril (Kawasaki) ini disediakan oleh masyarakat sekitar bagi wisatawan yang akan ke rumah Mbah Marijan (alm) di lereng gurung Merapi. Sekali jalan (PP) tarifnya Rp. 20.000, mulai dari  tempat parkir kendaraan roda empat sampai ke rumah Mbah Marijan. Mereka diorganisir oleh paguyuban ojek sehingga menjadi tertib dan tidak saling berebut pelanggan.  Jasa ojek atau sewa sepeda motor ini bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat sekitar kampung Kinahrejo.

Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan jasa jip dengan tarif Rp. 250.000 dari penginapan di Kaliurang sampai ke parkir roda empat di lereng Merapi. Untuk sampai ke rumah Mbah Marijan bisa diteruskan dengan naik sepeda motor. Sudah ada pembagian kavling yang jelas antara jasa penyewaan jip dan sepeda motor.

Pintu gerbang sederhana dengan ucapan "SELAMAT DATANG di Rumah Almarhum Mbah Marijan". Dari pintu gerbang ini pengunjung masih naik sepeda motor untuk sampai ke lokasi dengan jarak sekitar 500 meter. Karena posisi menanjak, mayoritas pengunjung menggunakan jasa ojek atau sewa sepeda motor.



Miniatur rumah Mbah Marijan (almarhum) di lereng Gunung Merapi. Lereng ini disebut Kinahrejo. Setelah terjadi erupsi Merapi kampung ini hancur. Sekarang mulai dibangun kembali dan mulai ramai pengunjung. Maka kampung ini sekarang disebut dengan Kinah-bali-Rejo.

Rangka mobil Suzuki APV dan dua sepeda motor yang terbakar saat terjadinya erupsi Merapi. Mobil ini digunakan untuk mengevakuasi masyarakat.  Kini menjadi tontonan wisatawan Vulkano Merapi. Posisinya berada di antara rumah Mbah Marijan yang lama dan rumah istri Mbah Marijan yang baru, di sebelah kiri rangka kendaraan ini.

Warung Bu Mursani Asih, adik Mbah Marijan. Warung makanan dan souvenir Merapi di tempat ini dikelola oleh keluarga Mbah Marijan. Sedangkan di tempat parkir kendaraan dikelola oleh masyarakat umum. Di warung ini pengunjung bisa membeli souvenir: kaos, VCD, gantungan kunci, buku Erupsi Merapi yang ditulis oleh Mbah Marijan, makanan dan minuman.


Kawah Gunung Merapi mengeluarkan asap panas. Erupsi Merapi merupakan siklus seratus tahunan. Kini lereng gunung Merapi telah subur kembali dan ramai pengunjung, khusunya di dusun Kinah-bali-Rejo, tempat Mbah Marijan (alm) juru kunci Merapi. Tugas Mbah Marijan diteruskan oleh anak pertama. 


Gunung memberikan sumber kehidupan tersendiri bagi manusia. Seperti ibu tua ini yang menggendong kayu hasil dari tanaman pohon di lereng gunung Merapi. Kerja keras tanpa mengenal lelah untuk menyambung kehidupan. Demikian prinsip hidup ibu ini seraya mensyukuri apa yang ada. Hidup damai dan tenang dengan apa adanya. Segala puji bagi Allah, Tuhan yang telah menciptakan bumi seisinya untuk manusia. Mari kita jaga kelestarian alam untuk melestarikan kehidupan.

3 komentar:

  1. Subhanallah. Nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan? Bersyukur. Bersyukur. Bersyukur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D RABU 11 DESEMBER 2014 DENGAN ANGKA 9539 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 350 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI JAYA" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda Jangan Lupa baca blog Ki jaya [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]




































      Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D RABU 11 DESEMBER 2014 DENGAN ANGKA 9539 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 350 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI JAYA" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda Jangan Lupa baca blog Ki jaya [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]

























      Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D RABU 11 DESEMBER 2014 DENGAN ANGKA 9539 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 350 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI JAYA" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda Jangan Lupa baca blog Ki jaya [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]








































































































      Hapus